Review Film, Drama Korea, Movie, Game dan Makanan

Review: Kerja di Pabrik Itu Sangat Melelahkan

Di usia saya yang masuk angka 28 di tahun 2018. Maka pengalaman saya pun semakin bertambah termasuk ke masalah pekerjaan. Saya sempat merasakan yg namanya pekerjaan freelance yg tak terikat waktu, pekerjaan di kantoran, dan termasuk pekerjaan di pabrik.

Kali ini Intan akan membagikan rasanya bekerja di pabrik. Jadi anda bisa tahu gimana gambarannya kerja di pabrik itu, enak atau enggak? Capek atau enggak? Gajinya banyak atau enggak? Masuknya gampang atau enggak?

Pertama kali saya kerja di pabrik karena mencari pekerjaan itu sangat susah sekali. Jarang bisa diterima langsung, apalagi di perusahaan besar harus ada yg namanya orang dalam, tes psikotes, tes interview, tes kesehatan dan lain – lain. Benar atau enggak?

Bukan hanya itu saja, banyak persyaratan yg harus dipenuhi untuk masuk ke perusahaan tertentu. 


Diantaranya, seperti ada yg mensyaratkan harus single dan bersedia untuk tidak menikah selama kontrak kerja habis, ada yg mensyaratkan punya npwp, punya skck, punya SIM C, dan surat sehat dari dokter. Terakhir ada yg menyita ijasah juga supaya karyawannya gak lari ke perusahaan lain.

Saya lihat lowongan pabrik ada di grup pencari lowongan kerja. Disana syaratnya Cuma pakai KTP saja, langsung bisa kerja. Jadi gak pakai ribet. Pikirku ketika itu enak banget kayaknya kerja di pabrik.

Ya daripada menganggur, saya pun bertekad untuk bekerja disana. Padahal sama suami sudah dikasih peringatan. Katanya, “Yakin mau kerja di pabrik? Capek lo sayang.” “Yah gak apa – apa, dicoba dulu aja. ” balasku.

Soalnya saya orangnya selalu yakin dan ingin merasakan sesuatu yg baru. Lumayanlah buat pengalaman.

Ketika itu saya melamar di salah satu pabrik kayu daerah Margomulyo Surabaya. Daerah ini termasuk jalan yg rawan kecelakaan soalnya jalanannya ramai dan pusatnya industri / pabrik berkumpul disini. Jadi wajar kalau banyak truk yg lalu lalang.

Waktu itu ada interview jam 8 pagi di pabrik kayunya. Yg ngelamar sih lumayan banyak, ada dari berbagai usia. Ada yg baru lulus SMA langsung nglamar disitu, ada juga yg sudah emak – emak punya anak 3.

Ada juga yg lulusan S1, katanya lumayan buat nunggu panggilan kerja dari perusahaan lain. Sama seperti pemikiran saya karena kerja di pabrik ini gajiannya per 2 minggu sekali. Gajinya per hari 55 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah tergantung lembur atau tidak.

Karena saya kerjanya di pabrik mebel, jadi sama bosnya itu saya dan teman – teman langsung digiring ke kantornya pabrik untuk pendaftaran data karyawan dengan membawa ktp aja dan 1 buah foto yg nanti di jepret dari kamera hp karyawan pabriknya.

Setelah itu dijelasin secara singkat mengenai perusahaannya, jam kerjanya, cara absen ketika masuk dan pulangnya. Kemudian baru satu per satu dikasih yg namanya nametag dengan posisi seperti kalung gitu. Jadi waktu kerja wajib pakai kartu ini.

Kerja di mebel itu ternyata yg kerja bukan cewek aja, tapi juga ada cowok beberapa tapi memang lebih banyak ceweknya daripada cowoknya. Kalau yg cewek kerjaannya lebih mudah dibandingkan cowok.

Di pabrik mebel si cowok tugasnya itu seperti ngangkat – ngangkat, mencuci mebel, dan membentuk mebel.

Sedangkan ceweknya tugasnya sih sepele menurut saya dan ada banyak macamnya. Diantaranya ngamplas mebel bagian yg kotor dan yg perlu dibersihkan saja, mencopot lemek mebelnya, melipat bekas kain lemek mebelnya, bagian ngecat pintu mebel, bagian garisi mebel dan bungkus mebel, dan banyak lagi.

Meskipun mudah tapi yg saya lakukan cukup banyak. Amplas itu kira – kira sampai puluhan mebel, ngecat juga gitu. Jadi lumayan nguras tenaga memang. Apalagi di pabrik ga bisa duduk kecuali memang istirahat dan tugas kita belum ada atau sudah selesai.

Di pabrik itu khan gak ada Acnya, jadi gerak dikit saja sudah gerah, dan beberapa jam saja kita bisa mandi keringat, apalagi buat saya yg dulunya kerja di kantoran.

Pekerjaan ini 180 derajat berbeda karena sangat menguras tenaga, capek kaki karena saya gak biasa kerja tanpa duduk, dan kalau kita malas – malasan apalagi kelihatan bos, sudah deh kena semprot.


Amsyong dah. Kerja 1 hari di pabrik mebel ini buat saya seperti lari lari keliling lapangan 100x. Tapi memang enaknya pas pulang gitu kita gak mikiran lagi masalah kerjaan yg belum kelar, dan mikirin dengan otak karena kerja di pabrik yg dibutuhkan hanya tenaga, jadi di rumah tinggal badan yg capek dan pengennya langsung tidur sambil dipijat sama suami. Hehhehe.

Ya begitulah rasanya kerja di pabrik, kalau menurut anda gimana? Kerja ini saja saya mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore, belum pas lembur jadi harus pulang sampai malam.

6 comments:

  1. Phew!!!

    Tapi mbak-nya hebat banget ini.

    Masih sempat nge-blog.

    Dan blog-nya ga' cuman satu. Mana rata-rata isinya bagus-bagus.

    Sumpah, salut saya.

    Saya yang setengah pengangguran saja capek banget mau update tulisan, hehe...

    Semangat mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yudi..
      makasih ya komennya yg menyemangati saya..
      sekali kagi membuat diriku ga bosan menulis buat pembaca..
      hehe..
      Ya kamu juga jangan menyerah..
      Usaha ga akan mengkhianati hasil kok..
      Yg penting nulis rajin..
      Gajian dari blog pasti juga bisa mulus..
      ^^

      Delete
  2. wah, dobel2 nih dapetnya... link-nya dimasukkan ke safelink juga....

    hehe.....

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah gan.. :D
    Saya doakan punya agan juga dapat banyak.. :p

    ReplyDelete
  4. Mantap mba sungguh bermanfaat saya jadi tau rasanya kerja di Perusahaan kayu

    ReplyDelete
  5. iya sama-sama, makasih sudah berkunjung.. hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

@templatesyard